<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js? 8 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah nanas Bagi Kesehatan Tubuh - Yoga Riski
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah nanas Bagi Kesehatan Tubuh

 Nanas merupakan buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Buah ini biasanya dijadikan rujak, salad, dan campuran masakan. Kandungan gizi yang bisa Anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Selain gizi tersebut, manfaat buah nanas juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat nanas bagi kesehatan perlu untuk Anda ketahui, sehingga bisa mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

manfaat nanas bagi kesehatan


Buah yang termasuk tanaman tropis ini tingginya bisa mencapai 150 sampai 200 meter dengan karakteristik fisik memiliki daun yang berjarum tajam dan kulit buahnya kasar. 

Nanas pertama kali ditemukan oleh penduduk paraguay di Amerika selatan yang kemudian dibawa oleh spanyol saat Columbus menemukan benua Amerika selatan. Di Eropa sendiri nanas menjadi populer karena banyak digunakan untuk melindungi diri dari penyakit scurvy yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Buah yang memiliki nama lain Ananas Comosus dan termasuk ke dalam famili Bromeliaceae ini memiliki beragam manfaat kesehatan dan sering menjadi obat-obatan alami. Mulai dari memperbaiki pencernaan, menyehatkan saluran pernapasan, membantu progam diet, sampai menguatkan tulang. Apa saja sih manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh? yuk simak ulasan berikut.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah nanas untuk tubuh manusia sangatlah beragam. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh sampai meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan proses penyembuhan dengan lebih baik. Beragam penelitian juga telah membuktikan bahwa nanas juga bersifat anti-iflamasi (peradangan). Berikut ini adalah manfaat buah nanas yang bisa dirasakan manusia saat rajin mengonsumsinya.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam buah nanas berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel. Tak hanya itu, kandungan zat bromelain juga mampu mencegah penyakit kanker yang menyerang kedalam tubuh kita. Nanas juga mengandung vitamin A dan C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Sehingga rutin mengonsumsi buah nanas bisa berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Semakin kuat sistem kekebalan tubuh kita, maka semakin sulit virus masuk ke dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Zat penting lainnya dalam buah nanas adalah potasium yang berguna untuk menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Hal tersebut berguna untuk menurunkan risiko hipertensi.

Kandungan vitamin C sendiri baik untuk jantung seperti mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah akibat kolesterol jahat yang menyumbat.

3. Memeperkuat tulang dan jaringan tubuh

Manfaat lainnya ialah mengonsumsi buah nanas mampu mencegah osteoporosis karena kandungan mineral mangan dalam buah nanas yang membantu untuk memperkuat tulang dan jaringan tulang bahkan jaringan ikat di sekitar tulang.

Faktanya, secangkir jus nanas cukup memberi asupan tiga perempat dari kandungan mangan yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Agar lebih optimal bisa juga meracik jus nanas dengan campuran yogurt atau susu untuk meningkatkan kandungan kalsium. 

4. Melancarkan pernapasan

Makan buah nanas segar teratur rupanya mampu mengobati masalah pencernaan karena kandungan bromelain dalam buah nanas merangsang pencernaan protein dan mengurangi peradangan usus.

Konsumsi buah nanas kering tanpa pemanis dapat menstimulasi pelepasan lambung dan cairan pencernaan untuk membantu makanan larut.

5. Meminimalisir penyakit sinusitis

Penyakit sinusitis berbeda dengan influenza, dimana lendir yang menyumbat hidung sulit disembuhkan karena terperangkap dalam rongga. Biasanya penderita sinusitis akan melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang tersumbat. Buah nanas mengandung enzim bromelain yang mampu sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut dapat mengurangi lendir dan peradangan karena sinusitis.

6. Mengontrol diabetes

Kandungan serat dan gula alami dalam buah nanas sangatlah baik untuk penderita diabetes. Hal itu dibuktikan pada penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Misalnya, penderita diabetes tipe 1 buah nanas mampu membantu menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Sedangkan, penderita diabetes tipe 2 menghasilkan peningkatan gula darah, insulin dan tingkat lipid.

7. Cocok untuk diet

Manfaat buah nanas untuk diet dapat menekan kamu makan secara berlebihan. Hal itu disebabkan karena kandungan gula alami dalam buah nanas dan khasiat buah nanas dapat memicu pembakaran lemak sehingga nanas dapat dijadikan alternatif untuk camilan sehat saat lapar.

8. Menyehatkan mata

Adanya kandungan vitamin A dan vitamin C berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan asupan dari mengonsumsi buah nanas dapat membantu untuk mengurangi risiko penyakit katarak.

Kandungan Vitamin dan Gizi dalam Buah Nanas

kandungan nutrisi buah nanas


Buah nanas segar merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang lengkap. Dalam 100 gram nanas terkandung 80% vitamin C yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen didalam tubuh. Kolagen ini adalah salah satu protein utama di dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga pembuluh darah, organ, tulang, dan jaringan kulit.

Vitamin A dan C dari buah nanas juga merupakan sumber antioksidan yang bagus bagi tubuh untuk melawan partikel-partikel jahat penyebab kanker. Kandungan nutrisi lainnya pada nanas adalah kalsium, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, mangan, serat, thiamin, natrium, dan gula buah (sukrosa). Untuk membantu progam diet, nanas juga sangat rendah kalori. Dalam satu buah nanas segar hanya terkandung 82 kalori saja.


Nah, itulah manfaat dan kandungan nutrisi yang terdapat pada buah nanas. Semoga bermanfaat buat Anda dan jangan lupa share ya!



Post a Comment for "8 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah nanas Bagi Kesehatan Tubuh"