<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js? 15 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan - Yoga Riski
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

 Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. 
Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk seperti silinder dengan diameter 6 cm.

manfaat temulawak untuk kesehatan


Temulawak dikenal pula sebagai kunyit jawa. Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza masih keluarga dengan kunyit dan jahe. Potensi rimpang temulawak, menunjukkan aktivitas antioksidan yang tergolong aktif, sehingga dianggap sebagai antioksidan anti alami yang baik.

Rimpang adalah bagian batang yang terletak di bawah tanah. Rimpang juga disebut sebagai umbi akar atau umbi batang. Di antara semua rimpang bergenus Curcuma, rimpang tanaman inilah yang paling besar di antara tanaman lainnya.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Temulawak atau yang disebut dengan Curcuma xanthorrhiza dapat dimanfaatkan sebagai obat, penyedap masakan, minuman, serta pewarna alami untuk makanan dan kosmetik. Manfaat temulawak sebagai obat sudah cukup lama dikenal dan diketahui, baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut berbagai manfaat untuk kesehatan:

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat juga kurkumin yang tinggi pada temulawak dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Khasiat temulawak yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah susah buang air besar.

2. Menurunkan kolesterol

khasiat temulawak yang sering digunakan untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol. Kandungan kurkuma yang tinggi membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL).

3. Sebagai antibakteri dan antijamur

Manfaat temulawak yang dapat kamu temukan adalah sebagai antibakteri dan antijamur. Adanya senyawa xanthorrizol pada temulawak ternyata cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

4. Mengatasi radang sendi

Mengonsumsi temulawak dipercaya dapat meredakan radang sendi. Temulawak dipercaya memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen yang sering diberikan pada pasien osteoarthritis.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat dari temulawak yang terkenal adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita dan menghindari berbagai macam penyakit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolah temulawak menjadi minuman dengan cara merebusnya.

6. Mengatasi masuk angin

Perut kembung akibat masuk angin memang seringkali tidak disadarioleh tubuh. Untuk itu, konsumsi lah temulawak sewaktu-waktu kamu masuk angin.

Temulawak mampu mengatasi masuk angin karena adanya kandungan piridoksin pada tanaman tersebut.

7. Mencegah kanker

Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam temulawak mampu menyusutkan sel kanker dan mencegah terbentuknya kanker di badan.

8. Membantu proses metabolisme tubuh

Obat herbal yang satu ini memiliki manfaat untuk membantu proses metabolisme tubuh.Manfaat temulawak ini diperoleh dari adanya kandungan pati dan turmerol dan sangat baik untuk tubuh.

9. Meningkatkan stamina

Temulawak dan jahe bila dikonsumsi bersamaan akan memiliki khasiat yang baik untuk stamina tubuh. Temulawak serta jahe umumnya dikonsumsi oleh olahragawan untuk meredakan tubuh dari kelelahan akibat aktivitas fisik yang tinggi.

10. Mengatasi peradangan 

Senyawa anti radang pada temulawak mendatangkan manfaat yang mampu mengatasi peradangan. Senyawa tersebut dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan akibat luka.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

11. Menghaluskan kulit wajah

Menggunakan temulawak sebagai cara menghaluskan kulit wajah juga sangat ampuh. Kandungan minyak astiri ini dipercaya efektif untuk membuat kulit tampak lebih halus.

Manfaat temulawak untuk wajah ini membuat temulawak kerap dijadikan bahan dasar untuk sabun wajah.

12. Mengatasi jerawat

Seperti yang telah di sebutkan di atas, temulawak memiliki kandungan antibakteri. kandungan tersebut menambah daftar manfaat temulawak untuk wajah.

Dalam hal ini kamu bisa mengkonsumsinya atau diambil sari temulawak sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat pada wajahmu.

13. Melembabkan wajah

Debu dan sinar matahari dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Dalam hal ini, kamu juga bisa menggunakan temulawak lho.

Manfaat temulawak untuk wajah ini bisa kamu optimalkan dalam bentuk masker yang dicampur dengan minyak zaitun dan kuning telur.

14. Mencegah penuaan dini

Manfaat temulawak untuk wajah adalah mencegah penuaan dini. Kandungan minyak atsiri yang tinggi membuat temulawak cocok digunakan sebagai cara untuk menghalau penuaan dini pada wajah lho, Toppers.

15. Menghilangkan noda hitam di wajah

Minyak atsiri pada temulawak juga mampu mengatasi flek atau noda hitam di wajah. Flek hitam biasanya timbul karena meningktanya produksi melanin akibat sinar UV.


Nah, itulah manfaat temulawak yang dapat kamu pelajari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!




Post a Comment for "15 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan"