<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js? Petani Wajib Tau Cara Menanam Buah Naga Cepat Berbuah - Yoga Riski
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petani Wajib Tau Cara Menanam Buah Naga Cepat Berbuah

 Buah naga ini merupakan buah dari beberapa jenis kaktus Hylocereus yang berasal dari Negara Meksiko, Amerika tengah, dan Amerika selatan.

cara menanam buah naga

Dengan kaya kandungan cairan maka dari itu buah yang satu ini juga kaya dengan vitamin C, B2, B3, kalsium, antioksidan, sumber zat besi, tinggi serat, dan bisa masih banyak lagi, yang mana kandungannya tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Jika apabila Anda pecinta buah yang satu ini, tidak ada salahnya untuk menanamnya langsung di kebun atau di halaman rumahmu, sehingga kamu bisa mendapatkan buah yang tentunya lebih segar.

Meski buah naga ini merupakan tanaman buah yang di bilang cukup besar, namun seseorang bisa saja menanamnya dalam pot dan menghasilkan buah yang segar tentunya.

Cara Menanam Buah Naga

Cara menanam buah naga yang cukup mudah tersebut dimulai dengan mengetahui syarat-syarat tumbuh tanaman agar mampu menghasilkan buah naga berkualitas dalam jumlah banyak, Dilansir dari liputan 6, berikut ada beberapa syarat buah naga yang baik sebelum siap untuk ditanam:

  • Buah naga berdaging putih atau Hylocereus undatus dapat tumbuh subur dan berkembang dengan baik pada ketinggian kurang dari 300 mdpl.
  • Sementara itu, buah naga berdaging merah atau yang disebut sebagai Hylocereus Costaricensis justru dapat tumbuh subur pada ketinggian 0-100 mdpl.
  • Untuk buah naga berkulit kuning dan berdaging putih tanpa sisik atau Selenicereus Megalanthus tersebut dapat tumbuh optimal di daerah sejuk seperti pada ketinggian lebih dari 800 mdpl.
  • Lingkungan yang kering dengan curah hujan yang rendah hingga 720 mm pertahun merupakan kondisi sempurna bagi buah naga untuk dapat tumbuh subur dan berbuah banyak.
  • Buah naga tumbuh dengan baik saat terhindar dari genangan, lantaran udara, tanaman yang rentan akan penyakit saat batang dan akarnya membusuk.
  • Tanaman pada lahan yang mendapatkan sinar matahari secara penuh tanpa pelindung.
  • Memerlukan kondisi tanah subur dengan suhu sekitar 26-36 derajat Celcius dan pH sekitar 6-7.
  

Syarat Tumbuh Tanaman Buah Naga 

Hampir sama dengan tanaman kaktus dan tanaman gurun lainnya, maka syarat tumbuh buah naga adalah di dataran rendah hingga menengah. Tanaman buah naga ini juga berasal dari daerah gurun pasir yang kering dan panas.

1. Pembibitan

Untuk mendapatkan bibit buah naga dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, generatif dengan menggunakan biji dan cara vegetatif atau mermanfaatkna batangnya dengan cara distek. Namun, untuk memperoleh proses pertumbuhan dan pembuahan yang cepat, Anda bisa menggunakan cara vegetatif.

2. Lahan Tanam

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara menanam buah naga sebaiknya di lahan tanah dengan cara sebagai berikut:

- Pembuatan tiang panjat
- Pengolahan tanah

3. Penanaman Bibit  Buah Naga

Anda dapat menanam hingga 4 bibit tanaman untuk setiap tiang panjat dengan jarak 10 cm dari tiang panjat. Setelah penanaman selesai, selanjutnya ikat batang tanaman hingga seluruh bibit menempal pada tiang panjat.

4. Perawatan

Agar cara menanam buah naga ini dapat cepat tumbuh dan berubah, perawatan secara rutin harus dilakukan dengan cara:

- Penyerbukan
- Pemupukan
- Penyiraman
- Pemangkasan

5. Panen

Saat tanaman sudah berusia 10-12 bulan dari masa tanam, maka tanaman itu sudah siap untuk dipanen. Buah mulai dapat dipanen ketika berumur 50 hari sejak masa penyerbukan dengan ciri-ciri kulit buah berwarna merah mengkilap.


Demikian informasi dari saya mengenai cara menanam buah naga agar cepat bebuah, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!

Post a Comment for "Petani Wajib Tau Cara Menanam Buah Naga Cepat Berbuah"