<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js? Tips Menanam Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah - Yoga Riski
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menanam Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

Cara menanam pohon kelengkeng agar cepat berbuah. Pohon kelengkeng merupakan salah satu jenis buah yang sangat banyak dijumpai di Indoensia. Meskipun harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga jenis buah yang lain, namun penggemar buah yang satu ini tidak pernah surut.

Oleh sebab itu, melakukan bisnis menanam buah kelengkeng tentu saja bisa memberikan prospek yang menjanjikan dimasa mendatang. Menanam kelengkeng dengan situasi sesulit yang dibayangkan.


tips menanam kelengkeng



Buah dengan nama latin Dinocarpus longan ini dapat bertumbuh dengan baik di suhu tropis Indonesia. Selain ditanam di lahan, kelengkeng juga bisa dapat ditanam di dalam pot, atau bisa juga dikenal dengan sistem tanam tabulampot.
Supaya bisa dapat menghasilkan buah yang berkualitas, maka ada beberapa tips menanam pohon kelengkeng yang bisa Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

Kalian harus memilih Bibit kelengkeng yang erkualitas
Langkah yang pertama kalian harus lakukan jika ingin mendapatkan hasil kelengkeng yang berkualitas adalah dengan memilih bibit terbaik.

Percuma saja jika kalian melakukan perawatan dengan maksimal namun bibit yang kalian digunakan berkualitas buruk. Ada berbagai jenis bibit lengkeng yang bisa dipilih dengan baik berupa bibit stek, cangkok, atau biji.

a. Biji

Ketika kalian akan memilih bibit dalam bentuk biji, maka kalian harus pilih biji yang berasal dari buah kelengkeng yang sudah tua. Bibit dari biji kelengkeng lebih mudah didapat namun kelemahannya bibit dari biji memiliki pertumbuhan yang tergolong sangat lambat.

b. Cangkok dan Stek

Bibit kelengkeng yang berasal dari stek dan cangkok biasanya lebih banyak diminati dibandingkan dengan bibit biji. Apabila kalian ingin menggunakan bibit cangkok, kalian harus pilih bibit yang berasal dari indukan yang produktif.

Persiapan Lahan Menanam Kelengkeng

Agar bisa tumbuh dengan baik dan berbuah lebat, maka tanaman kelengkeng membutuhkan lokasi yang terbuka, sehingga daun tanaman kelengkeng mendapatkan penyinaran matahari dengan penuh. Cara mendapatkan penyinaran matahari yang penuh adalah dengan mencari lokasi penanaman pohon kelengkeng yang tidak terdapat naungan seperti pohon bambu atau tembok tinggi.


persiapan lahan kelengkeng


Tanaman kelengkeng cukup sensitif terhadap genangan air. Nah, oleh sebab itu pastikan lahan budidaya kelengkeng anda harus memiliki sistem drainase yang sangat baik. Apabila diperlukan, Anda juga bisa dapat membuat parit yang memisahkan setiap barisan lubang tanam pohon kelengkeng. Sehingga ketika turun hujan air tidak akan menggenang.

Setelah kalian menentukan lokasi buat penanaman, langkah selanjutnya yakni lakukan pembersihan lahan dan pembuatan lubang tanam budidaya kelengkeng. Bersihkan seluruh permukaan tanah kebun dari tanaman liar, rumput dan gulma. Kemudian buatlah lubang tanam budidaya kelengkeng dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi masing-masing 60 cm. Atur jarak antar lubang tanam minimal 6X6 m.

Campurkan setengah bagian tanah galian tersebut dengan bahan organik yang kaya akan unsur hara berupa pupuk kandang kotoran kambing, sekam bakar dan sabut kelapa, gunakan perbandingan.

Untuk menetralkan pH tanah penanaman kelengkeng agar tidak terlalu asam, dan tambahkanlah pula kapur pertanian atau dolomit sebanyak 1 kg. Di awal pertumbuhannya tanaman lengkeng membutuhkan unsur N dan P siap serap dalam tanah, untuk itu tiap lubang tanam untuk budidaya kelengkeng berikan 500 gr SP-36 dan 500 gr urea.


Cara Merawat Pohon Kelengkeng

Supaya tanaman kelengkeng mampu bertumbuh dengan baik, maka harus dilakukan perawatan dengan baik. Siram tanaman 2 kali sehari dan bahwa tanah dalam keadaan lembab terutama pada saat musim kemarau. Namun, pada musim penghujan kendalikan jumlah udara dalam tanaman agar tidak menggenang di sekitarnya. Pupuk diberikan setelah tanaman sudah besar dan diberikan satu kali sebulan.

1. Pemangkasan

Proses pemangkasan ini dilakukan agar untuk menghilangkan bagian-bagian tanaman yang cenderung tidak sehat dan kering. Potong cabang yang tidak produktif. Hal ini dilakukan juga supaya seluruh bagian produktif dapat tetap terkena sinar matahari dengan baik.

2. Membersihkan Gulma

Gulma juga perlu dibersihkan supaya nutrisi tanaman dapat tetap tercukupi. Cara membersihkan gulma adalah dengan cara mencabutnya. Memang ada juga cara menggunakan cairan dengan bahan kimia. Namun, hal ini juga bisa dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman karena gulma dan tanaman kelengkeng bertumbuh di tanah yang sama.

3. Memberantas Hama Penyakit

Hama yang sering menyerang tanaman kelengkeng ini adalah embun jelaga dan ulat penghisap. Embun jelaga bisa dapat diberantas dengan cara memotong cabang atau cabang tanaman yang terserang supaya tidak dapat menyebar.

Ulat penghisap juga bisa membuat daun kelengkeng menjadi hitam dan tidak bisa melakukan fotosintesis dengan baik. Cara memberantas ulat pengisap yaitu dengan cara memberikan insektisida.

Proses Panen Buah Kelengkeng

Buah kelengkeng yang sudah matang sudah siap untuk dipanen. Proses panen sebaiknya dapat dilakukan pada pagi hari atau pada sore hari saat cuaca tidak terlalu terik. Buah kelengkeng yang sudah siap dipanen memiliki ciri buah yang berwarna coklat tua, berusia 4 hingga 6 bulan sejak tumbuhnya bunga serta memiliki rasa yang manis.

panen buah kelengkeng

Menanam pohon kelengkeng sebenarnya sangat mudah sekali, Kalian juga bisa dapat melakukannya sendiri di halaman rumah. 
Yang terpenting dalam semua proses penanaman ini adalah pemilihan bibit, jika kalian ingin mendapatkan hasil panen buah kelengkeng yang bagus maka sebaiknya yang harus kalian lakukan adalah dengan menggunakan bibit unggul yang sudah terbukti menghasilkan buah yang bagus. Selamat mencoba ya!


Demikian informasi yang saya berikan tentang tips menanam pohon kelengkeng agar cepat berbuah. semoga bermanfaat untuk kalian dan juga bisa mempraktekkannya dirumah, sekian trimakasih dan jangan lupa untuk share ya!



Post a Comment for "Tips Menanam Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah"