<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js? Keuntugan Besar Berternak Ayam Petelur - Yoga Riski
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntugan Besar Berternak Ayam Petelur

Berternak ayam petelur merupakan salah satu jenis bisnis yang sepertinya sudah diminati oleh sebagian besar masyarakat di seluruh Indonesia. Hal tersebut dikarenakan selain harga telur yang cukup mahal, bisnis yang satu ini juga termasuk salah satu bentuk budidaya yang sangat mudah dilakukan.

ayam petelur


Berternak ayam petelur ini adalah sebuah pemeliharaan ayam yang memang bertujuan untuk menghasilkan telur ayam.

Berternak ayam petelur yang berisikan ayam-ayam betina dewasa yang dapat menghasilkan telur dalam jumlah besar, kemudian telur-telur tersebut dijual di pasaran umum yang ada.

Cara berternak ayam petelur ini telah dilakukan oleh semua peternak, dengan hasil yang sangat cukup menggiurkan. Meskipun usia ayam sudah afkir, namun produktifitas ayam petelur ini masih sangat benar-benar maksimal.

Jenis Ayam Petelur

jenis ayam petelur


Beternak ayam petelur yang perlu kalian ketahui yaitu jenis pada ayam petelur. Ayam petelur terbagi dalam 2 jenis, yaitu Ayam Petelur Ringan dan Ayam Petelur Medium.

1. Jenis ayam petelur ringan

Jenis ayam petelur ringan yaitu jenis ayam petelur yang memiliki bobot badan yang ringan dibandingkan oleh ayam petelur lainnya. Ayam petelur ini juga bisa disebut dengan ayam petelur putih karena memang warnanya yang berwarna putih pun telurnya.

Tubuh jenis ayam petelur ringan ini relatif ramping dan kurus serta memiliki jengger yang berwarna merah. Hal ini karena ayam memang difokuskan untuk menghasilkan telur saja. Produksi telur yang dihasilkan bisa dapat mencapai 260-280 butir per tahunnya.

2. Jenis ayam petelur medium

Berkebalikan dengan ayam petelur ringan, ayam petelur medium ini memiliki bobot badan yang lebih besar walau tidak lebih berat daripada ayam pedaging seperti ayam broiler. Ayam petelur medium ini adalah ayam tipe dwiguna karena selain menghasilkan telur mereka juga bisa dapat dijual dagingnya.

Kebanyakan ayam petelur ini memiliki bulu yang berwarna coklat seperti warna telurnya. Produksi telur yang dihasilkan dapat mencapai 270-290 butir per tahunnya.


Keuntungan Berternak Ayam Petelur

Dalam berternak ayam petelur pasti ada saja kelebihan dan kekurangannya. Sebelum memulai berternak ayam petelur ini, sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu keuntungan dan kerugiannya agar bisa dapat meminimalisir kerugian-kerugian dari berternak ayam petelur dan mendapatkan keuntungan yang sangat berlimpah.

keuntungan ayam petelur


Berikut ini adalah keuntungan berternak ayam petelur, simak penjelasan lengkapnya.

a. Permintaan tinggi

Angka permintaan masyarakat di Indonesia terhadap telur pun juga sangat tinggi. Telur telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat diseluruh Indonesia yang tidak dapat ditinggalkan dan bisa juga termasuk dalam sembilan kebutuhan bahan pokok.

Jumlah penduduk Indonesia ini baik yang tinggal di kota dan yang di desa tinggi dapat menyebabkan permintaan akan telur juga ikut menjadi tinggi.

Ada banyak juga olahan makanan di Indonesia yang menggunakan telur sebagai bahan dasar utama. Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, telur juga dapat merupakan teman makan untuk nasi mereka.

Hal tersebut juga bisa berdampak pada penjualan telur laris setiap hari. Peluang berternak ayam petelur pun sangat menjanjikan untung yang sangat besar dengan cara mengandalkan penjualan telur perhari.

b. Pangsa pasar luas

Pangsa pasar telur ayam ini sangat luas, tidak hanya terbatas dari permintaan dari rumah tangga.

Industri makanan dengan skala besar, skala menengah atau skala kecil juga membutuhkan telur ayam sebagai salah satu bahan baku industri yang juga mereka jalankan.

Permintaan telur ayam pada industri makanan pastinya lebih tinggi dibandingkan rumah tangga.


Sekian informasi tentang keuntungan besar berternak ayam petelur yang saya berikan ini semoga sangat bermanfaat buat kalian semua. dan jangan lupa untuk share ya!


By: Yoga Riski




1 comment for "Keuntugan Besar Berternak Ayam Petelur"