<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js? Cara Budidaya Ikan Lele dengan Keuntungan Besar - Yoga Riski
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Lele dengan Keuntungan Besar

Cara budidaya ikan lele yaitu salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena pada kenyataannya benar-benar sangat menguntungkan. Hal ini ditinjau dari permintaan pasar terhadap ikan lele yang setiap harinya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

budidaya ikan lele


Salah satu jenis ikan lele yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah ikan lele dumbo
Selain rasanya gurih dan mudah didapat di pasar-pasar tradisional, harga ikan lele juga tergolong sangat murah tentunya. Selain itu, ternyata juga banyak sekali yang tertarik untuk membudidayakan ikan yang hidup di air tawar yang satu ini.

Terdapat ada dua segmen dalam usaha dan cara budidaya ikan lele, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen pembenihan adalah bertujuan untuk menghasilkan benih ikan lele, sedangkan segmen pembesaran adakah bertujuan untuk menghasilkan ikan lele siap konsumsi.

Ternak lele menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Wajar saja, lele sudah menjadi santapan andalan warga di seluruh Indonesia, kalian bisa lihat saja di pinggir pinggir jalan yang sering kita lewati saat berkendara banyak warung-warung makan yang menjual penyetan ikan lele. Selain harga yang tergolong sangat murah dan juga rasanya tidak kalah nikmat di bandingkan makanan-makanan lainya.

Budidaya ikan lele kini tak harus dilalukan di kolam tanah. Ada cara yang efektif mengembang biakkan ikan lele dengan cara yang sangat mudah, menggunakan terpal.


Teknik Budidaya Ikan Lele Menggunakan Terpal

Ikan lele ini menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang dijual dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, lele memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dalam 100 gram ikan lele mengandung 240 Kkal, 14,5 gram lemak, 8,5 gram karbohidrat, dan 17,5 gram protein.

Selain gizinya tinggi, ikan lele ini  juga mudah dibudidayakan di rumah sendiri. Berikut ini ada cara budidaya lele dengan menggunakan terpal yang bisa diikuti oleh pemula.

Budidaya lele di kolam terpal ini memang bisa menjadi salah satu untuk pilihan bagi masyarakat yang ingin mengembangkan ikan lele, namun tidak memiliki lahan kolam tanah yang ideal. Hal ini bisa dimaklumi, karena kolam terpal ini bisa dibangun di sembarang tempat. Baik itu di pekarangan rumah, kebun maupun sawah tadah hujan dll.

Kolam terpal bisa dibedakan menjadi tiga model, yaitu:

  • Kolam terpal di atas permukaan tanah.
  • Kolam terpal di bawah permukaan tanah.
  • Kolam beton / tanah berlapis terpal.

Masing-masing memiliki teknik pembuatan dan konstruksi kolam yang berbeda-beda tentunya

.Di daerah saya ini di daerah Lamongan Jawa Timur adalah budidaya lele di kolam terpal yang dibangun di atas tanah.  Cara pembuatan kolam terpal ini di atas permukaan tanah juga sangat cukup mudah. Terutama usahakan lokasinya tidak jauh dari sumber air, sehingga biar gampang dan tidak memerlukan selang yang panjang saat kita membutuhkan air.

Bersihkan lahan dari gulma, seperti rumput liar, alang alang, kotoran kotoran, dan pepohonan yang terlalu rimbun agar kolam bersih nyaman dan dapat memperoleh sinar matahari secara langsung. Bentuk kolam yang diterapkan kolam bebentuk bundar yang rangkanya terbuat dari besi beton. Boleh juga kolam berbentuk kotak persegi panjang dengan rangka dari bambu, kayu atau papan.

Bila kolam terpal ini sudah tersedia, langkah berikutnya msukanlah air secara pelan-pelan ke dalam kolam sampai kedalamannya mencapai 30 – 40 cm. Pastikan tidak ada kebocoran pada terpal, sehingga volume genangan air tetap utuh. Kalau ada terpal yang sobek atau bocor, segera lakukan penambalan dengan baik.

Setelah itu berikutnya, air bisa di kasih pupuk menggunakan pupuk kandang yang dibungkus dengan kampil. Masukkan pupuk kandang ini cukup selama sehari semalam saja. Setelah air kelihatan kecoklatan, pupuk diangkat. Air kemudian ditreatment dengan probiotik (Planktop, EM4 dsb) agar plankton tumbuh secara optimal. Selesai diprobiotik air dibiarkan selama seminggu. Setelah itu, kolam terpal siap digunakan untuk membesarkan ikan lele.

Keuntungan Budidaya Ikan Lele

Kalo kalian terjun ke bisnis beternak ikan lele jangan takut merugi. Karena meski kamu tergolong orang yang baru atau di sebut ternak lele pemula, kalian akan bakal mendapatkan banyak keuntungan. Asalkan kalian telah mengetahui bagaimana cara beternak ikan lele yang baik dan benar. Kalau kita berternak dengan asal-asalan mah gak bakal dapat hasil yang kalian diidam-idamkan.

keuntungan ikan lele


Berikut ini keuntungan yang bisa kalian dapatkan saat beternak ikan lele :

1. Pasarannya luas

Soal maslalah pelanggan kalian tenang saja, ikan lele termasuk ikan yang paling laris bila dibandingkan dengan ikan lainnya. Salah satu pertimbangannya adalahi ikan lele sangat mudah diolah dan harganya juga tergantung sangat murah. Meski murah, gizi di dalam kandungan ikan lele sangat baik buat tubuh.

kalian bisa menawarkannya ke sebuah restoran, jual di pasar, ke pedagang-pedagang pecel lele yang berada di jalan, dan atau bisa membuat penjualan sendiri .

1. Daya tahan ikan lele lebih kuat

Daya tahan ikan lele ini berbeda tidak seperti hewan-hewan ternak lainnya, ikan lele ini tergolong yang paling kuat terhadap sebuah penyakit, karena tubuhnya selalu dilindungi oleh lendir. Jadi kamu bakal jarang melihat lele mati secara tiba-tiba di kolam.

3. perawatannya sangat mudah

Karena ikan lele bisa hidup di mana saja, kalian jadi gak perlu repot-repot mikirin perawatannya. Mereka bisa hidup di kolam keruh yang terbuat dari terpal, semen, atau kolam tanah sekalipun, asalkan di waktu pemberian makannya jangan lupa dan jangan sampai telat ya. Meski ikan lele bisa hidup di mana saja, lele kan butuh makanan untuk berkembang biak.

4. Harga benihnya murah

Untuk bisa beternak lele, tentu kalian harus membeli benihnya terlebih dulu. Keuntungannya ini daripada ternak hewan-hewan lainnya adalah harga benih ikan lele ini terbilang sangat murah. Sekitar Rp 1 juta untuk 1000 ekor, yang ukurannya relatif, mulai dari 5-7 cm.

5. Masa panenya cepat

Ikan lele tidak membutuhkan waktu lama untuk siap dipanen. Biasanya benih, sampai menjadi ukuran besar dan pas untuk disantap itu sekitar 3 bulan saja! Cepat banget bukan! 

Nah kalau masa panennya cepat, maka perputaran uangmu juga bakalan cepat. Kalau mau lebih cepat lagi, kamu jangan menebar benih kembali usai panen, tapi tebar benih berikutnya sebelum ikan lele panen. Dengan cara seperti itu, perputaran uangmu bisa setiap bulan sekali.


Demikianlah sampai di sini pembahasan saya tentang cara budidaya ikan lele dan keuntungannya. Semoga bermanfaat bagi pemula-pemula yang ingin membudidayakan beternak ikan lele. Jangan lupa untuk kalian share ya teman teman!

By. Yoga Riski

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Lele dengan Keuntungan Besar"